Rabu, 26 Februari 2014

Model Bisnis Dropbox

Dropbox beroperasi di model finansial Freemium.[23]
Dropbox menawarkan akun gratis yang dengan kapasitas data sebesar 2 GB dan akun berbayar dengan kapasitas sebesar 50 GB dan 100 GB, dan akun khusus kelompok dengan kapasitas data sebesar 1 TB atau lebih. Baik akun gratis atau berbayar memiliki fasilitas yang persis sama, yang membedakan hanyalah jumlah dari kapasitas penyimpanan yang ditawarkan. Menyediakan akun gratis bagi pengguna memakan banyak biaya bagi Dropbox, namun walaupun begitu Dropbox terus memberikan fasilitas akun gratis, karena hal ini mampu memberikan banyak keuntungan bagi Dropbox. Drew Houston, CEO dari Dropbox telah menyampaikan bahwa:


"Pertumbuhan kami banyak disebabkan oleh promosi mulut ke mulut, atau viral. Jadi pengguna gratis masih sangat berguna: kami dapat tumbuh dengan pesat, dan mereka memperkenalkan Dropbox ke orang-orang yang mungkin mau membayar"
"Memilih durasi yang tepat itu sulit, dan orang menyimpan data yang berbeda-beda di Dropbox mereka, Banyak dari pengguna yang mulai memakai akun berbayar setelah memiliki akun gratis untuk waktu yang lama."[24]

Pada Oktober 2011, Forbes mengumumkan bahwa Dropbox telah memiliki 50 juta pengguna, yang 96% nya menggunakan akun gratis.[18]
Dalam beberapa waktu yang singkat, Dropbox mengoperasikan sebuah program afiliasi yang memungkin pihak ketiga, yaitu pelanggan dari Dropbox, mendapatkan sedikit suntikan dana dari pendapatan Dropbox. Tapi program ini dihentikan pada 5 November 2009, karena tidak memberikan hasil yang baik. Dropbox pun memberikan penjelasan sebagai berikut:

"Kami percaya bahwa usaha kami sebagai sebuah perusahaan lebih baik dihabiskan untuk perbaikan produk Dropbox dan memberikan fitur-fitur yang pelanggan kami butuhkan."
"Karena kami hanyalah perusahaan kecil, kami harus sangat selektif mengenai proyek apa yang kami kerjakan, dan program afiliasi tersebut sepertinya bukan merupakan pilihan yang bijak untuk sumber penghasilan kami."[25]

Pada tahun 2009, Dropbox mengimplementasikan sebuah program rujukan[26] yang dapat mendorong pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai Dropbox. Program rujukan ini memiliki dua sisi yang mendorong pengguna untuk berbagi info mengenai Dropbox: orang yang mendaftar untuk Dropbox lewat tautan rujukan mendapatkan lebih banyak kapasitas data dibanding pendaftaran biasa, dan kamu (yang memberikan tautan rujukan) juga mendapatkan lebih banyak kapasitas penyimpanan. Berdasarkan apa yang dikatakan Drew Houston di Startup Lessons Learnt Conference pada 23 April 2010, program rujukan tersebut diinspirasikan oleh program Paypal Sign Up Bonus. Program rujukan ini menghasilkan kesuksesan yang sangat besar, dan secara permanen meningkatkan jumlah pendaftar hingga 60%[27], dengan jumlah akun rujukan sebesar 35%[28] berdasarkan pendaftaran sehari-hari. 30 hari sebelum presentasi di konferensi tersebut, Dropbox memperkirakan bahwa para pengguna mereka telah mengirimkan 2,8 juta undangan rujukan[29] ke teman-teman mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar