Rabu, 26 Februari 2014

5 Alternatif Dropbox Free Cloud Storage Terbaik

Jika kemarin saya bahas tentang dropbox, sekarang saya akan membahas alternatifcloud storage mana saja yang terbaik dijadikan pengganti dropbox.
Untuk saat ini saya memegang setidaknya ada 5 aplikasi terbaik, yaitu Box.net, Google DriveSugar SyncMicrosoft SkyDrive, dan Ubuntu One. Jika kamu tahu yang lain tolong kasih tahu yah.

Sedikit catatan, ulasan ini hanya untuk free account. Untuk premium account, saat ini saya belum bisa memberikan ulasannya.

box.net

box.net
box.net
Yang pertama saya suka dari box.net adalah kapasitasnya, jika kamu mendaftar box.net lewat perangkat apple kamu bisa mendapat 25GB secara cuma-cuma. Selain itu maksimal upload untuk dropbox cukup besar sadikit jika dibanding dropbox, yaitu sekitar 250MB (dropbox 200MB).
Jika kamu tidak puas, box.net juga tersedia dengan paket Business dan Enterprise.

Google Drive

Google Drive
Google Drive
Menurut saya, google drive memberikan penawaran paling menarik. Meskipun 5GB untukfree storage, tetapi kamu bisa bermain dengan aplikasi google seperti docs dll.
Masing-masing file document, spreadsheets, and presentations yang kita buat memakai aplikasi google memiliki limit file.
Documents: 1,024,000 karakter, sayangnya untuk file dokumen yang dikonversi ke format google dokumen maksimal upload tidak bisa lebih dari 2MB.
Presentations: File persentasi yang dibuat melalui Google slide bisa sampai 50MB, yang artinya bisa sampai 200 slide.
Untuk selain file dokumen, upload ke google drive bisa sampai 10GB, tidak peduli itu free accoung atau bukan free account.

IDriveSync

IDriveSync
IDriveSync
IDriveSync sebenarnya mirip sekali dengan dropbox, hanya saja untuk fitur free accountiDriveSync memberikan free storage sebesar 10GB.
Saya bisa memastikan untuk fitur yang ada di dropbox di iDriveSync juga ada. Selain itu, menurut info yang saya baca, tidak ada batasan besar upload file.
Ada fitur menarik dari IDriveSync yaitu Out of boxapa itu? adalah fitur yang memungkinkan kita untuk meng-cloud kan folder mana saja di PC/laptop kita.
Fitur ini jelas menjadi nilai plus dibanding aplikasi cloud sejenis yang hanya bisa meng-cloud kan satu folder saja.

Microsoft SkyDrive

SkyDrive
SkyDrive
Sama seperti Google Drive atau siapa saja yang mendaftar google mail, maka mereka mendapatkan akun Google Drive free 5GB. Di SkyDrive juga sama, siapa saya mendaftar hotmail mereke mendapat free cloud storage. Hanya saja untuk SkyDrive besar spaceyang diberikan lebih besar, yaitu sekitar 7GB.
Selain fitur yang sama dengan Google Drive, SkyDrive juga memiliki fitur auto upload photo untuk windows phone. Setiap kita mengambil gambar, maka katanaya akan otomatis di-upload ke SkyDrive.

Ubuntu One

Ubuntu One
Ubuntu One
Yang terbayang pertama kali ketika mendengar nama ini bagi saya aplikasi ini hanya berjalan di Linux, tetapi ternyata tidak. Aplikasi cloud ini termasuk cross platform, meskipun namanya ubuntu.
Untuk free account Ubuntu one memberi kita space hanya 5GB dan tidak ada informasi berapa besar maksimal upload untuk Ubuntu One.

Sebenarnya, di luar yang lima di atas masih ada beberapa lagi yang cukup bagus seperti SugarSync, Amazon free cloud, dll. Akan tetapi, untuk kemudahan saya rasa yang lima di atas menang.

2 komentar:

  1. Bagusan copy.com gan, kapasitas penyimapan jauh lebih besar dari semuanya

    BalasHapus
  2. Recommended gan. Langsung ane coba, mantab!
    Bisa dishare juga untuk copy.com nya
    THX :)

    BalasHapus