Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 11 Oktober 2012

Contoh Hardware dan Fungsinya


1.Power supply
Berupa kotak tegangan listirik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware.
Fungsi:Mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan.





2.CPU (Central Processing Unit)
Adalah komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan pengendali proses kinerja computer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer
Fungsi:Tempat mengatur semua instruksi program pada komputer dan sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.


3.Harddisk
Adalah komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat.
Fungsi:Salah satu alat booting computer,Media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer,Media penyimpanan semua data dalam kapasitas yang besar pada komputer



4.Video Adaptor atau GPU
Merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer saat ini, telah didesain
Fungsi:Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar/monitorMemaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik.Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows)


5.Sound Card

Merupakan komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCB  yang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan memiliki empat komponen utama untuk menerjemahkan analog dan digital.
Fungsi:Mengolah data berupa audio atau suara,Sebagai penghubung output audio ke speaker,Sebagai penghubung input suara ke computer melalui mikrofon.


6.Casing
Adalah otak pembungkus atau tempat meletakkan komponen hardware pemrosesan yang berfungsi melindungi komponen hardware dari gangguan luar. Pada umumnya casing sering disebut dengan CPU.
Fungsi:Tempat meletakkan komponen hardware, misalnya power supply, motherboard, floppy disk, CD-Rom, DVD-Rom
Penentu kinerja sistemkarena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar