Kamis, 11 Oktober 2012

Pengertian Hardware dan Software beserta contohnya


PENGERTIAN SOFTWARE DAN HARDWARE BESERTA CONTOHNYA

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiridari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapatdigunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarurutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Definisi yang adamemberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerjasama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalirdidalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaankomponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer  atau perangkat keras komputer.



Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik darikomputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupundipindahkan. Perangkat keras, merupakan salah satu element darisistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba olehmanusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakanperangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, sepertiperangkatperangkat masukan(input), perangkat pemroses(intermediate), maupunperangkat keluaran(output). Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerjaberdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga denganinstruction set.Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yangdidapatkan olehnya.Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedurpeng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam halpemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.

Menurut istilah baku, software adalah perangkat lunak dan setelah di-editsoftware mempunyai arti piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Artiistilah software dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut: Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusioleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak inimerupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumenserta arsip lainnya.


Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri,data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankanoleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untukmenjalankan perintah yang dijalankannya.Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan programbeserta data-data yang diolahnya. Pengolahan pada software ini melibatkanbeberapa hal, diantaranya adalah
sistem operasi, program, dan data
. Software inimengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesinkomputer.Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagaisuatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapatdianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya denganmusik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupunuraian yang ada didalam sebuah buku.Secara prinsip, komputer hanyalah merupakansebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikanpekerjaannya.
HARDWARE
Hardware berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, peralatan initerdiri atas 3 jenis, yaitu:1. Perangkat masukan (Input device)Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto,maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard,mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.2. perangkat keluaran (Output device)perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yangdikeluarkan, misalnya monitor dan printer.3. Perangkat pengolah data (Processor)Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputiunit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.Macam-macam perangkat keras (hardware) :

1. CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedangdiproses dalam CPU.
3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanyaterdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses dataatau mengedit data.
5. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak,berupa teks maupun gambar/grafik.
6. CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data danprogram melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan danmembaca data atau program melalui sistem optik.
7. Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.
Proses penyimpanan danpembacaan data menggunakan sistem optik.
8. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalamdisket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
9. Hardddisk
 Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat daridaya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddiskmemang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistemoperasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafikdan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkandengan bentuk data yang berupa teks.

SOFTWARE
Software atau parangkat lunak adalah program komputer yang merupakan suatuinstruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapatmenjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulisdalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak dalampenggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)

2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahana pemprograman (Programming Language)

Beberapa perusahaan yang ikut bergabung untuk membentuk standar dan teknikuntuk dunia komputer mikro yang dikenal ISA (Industry Standard Architecture)maupun EISA (Enhanched Industry Standard Architecture) antara lain:

1. COMPAQ Computer
2. Advanced Logic Research (ALR)
3. AST Research
4. EPSON Amerika
5. Everex Systems
6. Hewlett Packard
7. Olivetti
8. Micronics
9. Nippon Electric Corporation (NEC)
10. TANDY Computers
11. WYSE Tevhnology
12. Zenith Corporation

Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:

1. Software system

Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:

a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatuperangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembataniantara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows

b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,periksasistem, dan sebagainya.

c. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifatmatematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman bahasaBASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.

2. Perangkat lunak aplikasi

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugasperkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halamanweb, hingga perangkat media player,dan sebagainya. Hal ini sudah berkembang sejaksistem operasi tersebut dikembangkan.

Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:

a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungandengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.
Contoh: Wordstar,Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.

b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.
Contoh:Lotus 123,Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.

c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kataatau gabungan angka dan kata.
Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, MicrosoftAccess, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.

d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musikberformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapatdigunakan untuk menonton film atau VCD.

e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer ataulebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yangumum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messengerseperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.

f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalambentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.

g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineerseperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar),dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.

h. Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee, Norton Anti Virus, Panda, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC Brain,Hackers, My Heart, Pepsin,Bagle, MyDoom dan lainnya.

20 komentar:

  1. sama2, salam sukses dan sejahtera :)

    BalasHapus
  2. thank's nih artikelnya, bagus untuk pembelajaran

    BalasHapus
  3. artikel yang menarik gan... thanks gan buat infonya.... tambah lagi artikel lainnya gan yang menarik.... Rajalistrik.com

    BalasHapus
  4. sip mas bermanfaat :v
    lumayan buat kerjain tugas
    ijin sedot

    BalasHapus
  5. Informasi yang bermanfaat....

    Jangan lupa kunjungi halaman ini
    http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id
    http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id
    --------------------------
    IT Marketing
    PT Cendana Teknika Utama
    0813 1020 7780

    BalasHapus
  6. Artikel nya cukup bagus gan ..

    ane punya artikel tambahan tentang hardware komputer buat ngelengkapin artikel ente gan ..

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. thnks articel goog
    kungujungi belog iniMy blog

    BalasHapus
  9. your articel is good.. thank you very much..
    disini linknya

    BalasHapus
  10. Trimkasih artikelnya membantu saya belajar HCI

    My Blog

    BalasHapus
  11. terimakasih artikelnya sangat membantu wawasan pengethuan saya
    jangan lupa kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id/ dan kunjungi blog saya https://zubikaa.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. Trimakasih untuk informasinya....

    BalasHapus
  13. Tekhnologi Informatika: Pengertian Hardware Dan Software Beserta Contohnya >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tekhnologi Informatika: Pengertian Hardware Dan Software Beserta Contohnya >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tekhnologi Informatika: Pengertian Hardware Dan Software Beserta Contohnya >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK ed

    BalasHapus